LastPass Password Manager – Software dan Aplikasi Pengelolaan Kata Sandi Terbaik 2022

Banyak pengguna komputer dan smarthphone mengalami masalah dalam mengingat kata sandi untuk platform dan aplikasi yang berbeda, dan akhirnya menggunakan kata sandi yang sama atau lemah. Ini meningkatkan risiko akun mereka diretas atau informasi pribadi mereka dicuri.

LastPass adalah pengelola kata sandi yang menghilangkan semua risiko keamanan dan mempermudah pengelolaan semua kata sandi untuk berbagai platform dan akun. Ini menghasilkan kata sandi yang unik dan aman, bidang isi otomatis dengan aman, dan juga memastikan data dibagikan dengan cara yang aman.

Jika Anda bertanya-tanya apakah itu pilihan yang tepat untuk Anda, maka ulasan LastPass ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat.

Fitur LastPass

Hal pertama yang perlu anda ketahui, mari gali fitur luar biasa yang ditawarkan oleh pengelola kata sandi ini:

Pembuat Kata Sandi

Setiap kali pengguna mendaftar untuk sebuah akun atau mengubah kata sandi untuk suatu akun, LastPass meminta untuk membuat kata sandi yang kuat. Pembuat kata sandi dapat membuat kata sandi 12 karakter secara default. Ini menggunakan keempat set karakter – simbol, angka, huruf kecil, dan huruf besar. Anda memiliki pilihan untuk memilih Easy to Read (menghilangkan penggunaan angka 0 dan huruf kapital O dan karakter ambigu lainnya) atau Easy to Say (menghilangkan penggunaan simbol dan angka). Namun, kata sandi yang paling dapat diandalkan dibuat menggunakan keempat rangkaian karakter ini.

Untuk menggunakan alat ini secara efektif, Anda dapat membuka login tertentu dari brankas Anda. Akan ada tautan Ubah Kata Sandi Otomatis di bawah kotak kata sandi yang disimpan. Setelah Anda mengkliknya, LastPass akan membuat dan mendaftarkan kata sandi aman baru untuk situs web tertentu.

Putar Ulang Kata Sandi dan Tangkap

Saat masuk ke situs web yang aman, LastPass meminta untuk menyimpan kredensial. Anda memiliki opsi untuk memilih ‘Tambah’ dan melanjutkan, atau Anda dapat mengedit entri. Login yang diambil dapat ditetapkan ke folder yang ada atau baru, atau Anda juga dapat memilih opsi untuk tidak pernah menyimpan kata sandi untuk situs web tertentu.

Akses Darurat

Akses Darurat adalah salah satu fitur terbaik aplikasi, dan banyak ulasan LastPass yang ditulis pengguna setuju. Alat ini memungkinkan Anda untuk menetapkan kontak tepercaya untuk mendapatkan akses ke brankas Anda jika diperlukan. Setelah Anda menetapkannya, mereka dapat mengirimi Anda permintaan untuk mendapatkan akses ke brankas kata sandi Anda. Begitu mereka mengirim permintaan, Anda akan mendapatkan pemberitahuan email untuk menanyakan apakah Anda ingin menolak permintaan ini.

Masa tunggu khusus juga dapat diatur. Secara default, ini diatur ke dua jam, tetapi Anda dapat mengaturnya hingga 30 hari. Masa tunggu ini memberi Anda waktu untuk menolak permintaan jika Anda berubah pikiran tentang menambahkan akun darurat. Anda juga dapat mencabut akses mereka ke brankas Anda kapan pun Anda mau.

Tantangan keamanan

Fitur ini adalah tambahan luar biasa lainnya untuk pengelola kata sandi yang membuat keamanan LastPass semakin kuat. Security Challenge adalah audit kata sandi yang memantau kekuatan kata sandi yang ada. Audit ini memastikan Anda memiliki kata sandi yang lebih aman dan efektif dan memastikan bahwa akun Anda tidak didasarkan pada fondasi yang sulit. Anda dapat meninjau semua kata sandi dengan mengklik ‘Tampilkan Skor saya,’ dan LastPass akan memberi Anda skor kumulatif. Ini juga menyoroti kata sandi yang lemah yang harus diubah.

Ini menunjukkan seberapa kuat kata sandi utama dan skor keamanan Anda, serta menunjukkan kata sandi yang disusupi dan lemah. Ini adalah alat yang sangat baik untuk keamanan kata sandi yang berkepanjangan dan dilakukan dengan satu klik.

Dengan fitur ini, LastPass tidak hanya menyimpan informasi Anda dengan aman, tetapi juga memberi Anda pengetahuan yang memadai untuk melakukan penyesuaian pada kata sandi Anda yang lemah.

Otentikasi Multi-Faktor

LastPass juga menawarkan otentikasi multi-faktor untuk akun premium. Itu menambahkan lapisan kedua ke otentikasi Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan YubiKey (alat otentikasi pihak ketiga) untuk laptop atau desktop, sidik jari pada perangkat smartphone, atau drive USB untuk perangkat yang kompatibel.

Penyimpanan File Terenkripsi

Anda juga mendapatkan satu GB penyimpanan untuk file terenkripsi sehingga Anda dapat membuat dan menyimpan cadangan digital dari informasi pribadi dan sensitif Anda, seperti nomor jaminan sosial atau kata sandi Anda. Fitur ini hanya tersedia dalam paket Premium.

Pusat Berbagi

Fitur Pusat Berbagi memungkinkan Anda membagikan data dan kata sandi Anda dengan mudah dan aman dari brankas LastPass Anda dengan pengguna lain. Ini juga menunjukkan kepada Anda pengguna yang dibagikan kata sandi Anda dan apakah mereka telah menerima permintaan berbagi Anda. Anda juga dapat memperoleh akses ke semua kata sandi yang telah dibagikan dengan Anda. Tata letak pusat berbagi mudah dikelola dan dinavigasi, membuat semua pengelolaan kata sandi tidak terlalu membingungkan.

Ada tombol bagikan yang membuat berbagi kredensial masuk akun tertentu dengan pengguna lain dengan cepat. Pengelola kata sandi juga memungkinkan Anda berbagi kata sandi dengan individu yang tidak menggunakan LastPass. Opsi ini nyaman jika Anda memiliki anggota keluarga atau rekan tim yang menggunakan beberapa pengelola kata sandinya atau tidak sama sekali. LastPass akan mengirimi mereka undangan email untuk membuat akun dan mendapatkan akses ke kata sandi yang Anda bagikan dengan mereka.

Hal terbaik?

Kata sandi dapat dibagikan tanpa orang lain benar-benar melihat apa kata sandinya. Isi kata sandi disembunyikan dari pengguna, tetapi mereka masih dapat mengakses akun. Fitur unik ini tidak tersedia di sebagian besar pengelola kata sandi dan menambahkan lapisan privasi dan keamanan tambahan untuk kata sandi Anda.

Anda dapat membagikan kata sandi dengan banyak pengguna di akun Premium dan hanya dengan satu orang di akun Gratis.

Aplikasi Mobile LastPass

Desain aplikasi mobile LastPass intuitif dan bersih. Pengguna LastPass setuju bahwa itu sangat mirip dengan versi desktop LastPass. Semua fitur tersedia dalam versi seluler, termasuk pengisian otomatis, kartu kredit, dan alamat. Ini berfungsi dengan andal di aplikasi seluler seperti halnya pada versi lain.

Semua item Anda ditampilkan pada tampilan default aplikasi seluler, dengan ikon pencarian di sisi kanan atas. Anda dapat dengan mudah mencari item tertentu di brankas Anda. Aplikasi seluler memungkinkan Anda menggunakan verifikasi sidik jari atau kode PIN untuk membuka kunci aplikasi. Untuk iOS, ini juga mendukung Face ID, dan Face-unlock juga tersedia di ponsel Pixel 4. Namun, sistem pengenalan wajah lainnya tidak akan membuka kunci aplikasi.

Aplikasi mobile tidak memiliki opsi tampilan dan pengurutan seperti di desktop, tetapi dilengkapi dengan tampilan daftar yang membuatnya berfungsi untuk pengguna. Anda dapat menemukan tantangan keamanan, akses darurat, dan pembuat kata sandi di bagian keamanan aplikasi. Mereka bekerja seefektif yang mereka lakukan di versi lain.

Keamanan LastPass

LastPass menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, dimulai dengan kebijakan tanpa pengetahuan. Artinya pengelola kata sandi tidak menjual, mengakses, atau melacak data apa pun yang telah disimpan di akun. Ini mendekripsi dan mengenkripsi semua informasi di tingkat perangkat yang menghilangkan kemungkinan LastPass mengakses informasi login atau kata sandi Anda.

Pengelola kata sandi ini mengamankan data menggunakan enkripsi AES 256-bit, yang merupakan enkripsi yang sama yang digunakan oleh militer, bank, pemerintah, dan lembaga keamanan tinggi lainnya. Ini juga memiliki berbagai opsi, seperti otentikasi dua faktor LastPass, seperti mengirim email kepada pengguna untuk memverifikasi login di browser dan perangkat baru. Ini mencegah orang lain mengakses informasi Anda dari perangkat lain, bahkan jika mereka mengetahui kata sandi utama Anda.

LastPass juga menawarkan berbagai otentikasi multi-faktor pihak ketiga untuk keamanan tambahan, seperti YubiKey, Google Authenticator, dan Duo Security. Aplikasi ini membuat kode satu kali unik yang diperlukan dengan kata sandi utama sehingga Anda dapat masuk ke brankas Anda. Keamanan tambahan ini mempersulit orang lain untuk mengakses informasi Anda.

Anda juga dapat menggunakan LastPass One-Time Password (OPT), yang merupakan kata sandi unik sekali pakai yang memungkinkan Anda mengakses akun Anda. Ini sangat berguna jika Anda ingin masuk ke brankas Anda saat berada dalam posisi berisiko tinggi, seperti menggunakan akun Anda dari komputer umum. LastPass menghasilkan OPT dan memasukkannya ke dalam daftar kata sandi sekali pakai yang dapat Anda gunakan untuk mengakses akun.

Kemudahan Penggunaan dan Antarmuka

Untuk ulasan LastPass ini, kami juga mengevaluasi kemudahan penggunaan pengelola kata sandi ini. Ini mendukung semua browser dan sistem operasi, bahkan browser yang kurang dikenal seperti Dolphin (untuk Linux dan Android). Itu memudahkan untuk mengimpor data sehingga Anda tidak perlu mencari di sekitar fitur tertentu. Tidak butuh waktu lama untuk membiasakan diri dengan navigasi dan fitur LastPass.

Penyiapannya mudah dan cepat, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi pengguna yang paham teknologi dan pemula. Aplikasi desktop dan ekstensi browser mudah dipahami. Sebagian besar fitur keamanan LastPass sudah canggih. Mereka masih intuitif dan mudah digunakan oleh pengguna.

Sinkronisasi sangat mudah, dengan kelambatan minimum, dan berfungsi di beberapa browser dan perangkat dengan mulus. Antarmuka pengguna mudah dinavigasi di semua sistem operasi. Ini mencakup opsi menu berbeda yang membantu mengatur alamat, catatan, kartu kredit, dan kata sandi.

Dukungan Pelanggan

LastPass menawarkan pilihan yang sangat baik untuk dukungan pelanggan ketika datang ke pertanyaan umum, tetapi sedikit menantang untuk berhubungan dengan tim dukungan. Prioritas sebagian besar diberikan kepada pengguna LastPass Premium. Ada sumber yang bagus untuk video pelatihan, FAQ, dan panduan cara di situs web mereka, tetapi opsi untuk menghubungi dukungan terbatas. Dukungan telepon tidak tersedia, yang biasanya sama dengan hampir semua pengelola kata sandi.

LastPass memiliki tiga akun Twitter – satu untuk pembaruan umum dan posting blog tentang LastPass, satu untuk dukungan online dari Senin hingga Jumat, dan yang terakhir adalah untuk memberi tahu pengguna tentang masalah yang diselesaikan dan pemadaman layanan. Tidak ada tautan langsung untuk akses dukungan pelanggan merekaunt di situs web mereka, dan butuh sedikit penggalian untuk menemukan akun itu.

Akun Twitter dukungan langsung bagus untuk masalah dan pertanyaan yang tidak terlalu mendesak. Juga tidak ada tautan dukungan email langsung. Anda diharapkan untuk melihat melalui tutorial dan FAQ untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Anda. Jika pencarian tidak menyelesaikan masalah Anda, maka Anda akan menemukan tautan dukungan email di bagian bawah halaman.

Pertanyaan dan kekhawatiran dapat diajukan melalui formulir, dan setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor kasus yang ditetapkan. Kasing pengguna Premium diprioritaskan daripada paket lain dan pengguna versi gratis. Namun, mereka membalas Anda dengan jawaban terperinci atas kekhawatiran Anda.