Google Cloud Hosting – Layanan Cloud Hosting Yang Cocok Untuk Web WordPress Anda

Jika Anda berencana untuk mengganti layananan hosting, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke Google Cloud Hosting. Platform fleksibel ini memungkinkan Anda untuk menyajikan konten dengan cepat kepada pengunjung Anda, menyesuaikan alokasi sumber daya Anda, dan menskalakan situs Anda sesuai kebutuhan. Kami telah menyusun ulasan Google Cloud Hosting untuk membantu Anda memutuskan apakah layanan ini memenuhi kebutuhan Anda.

Pada artikel ini, kami akan meninjau Google Cloud Hosting secara mendalam sehingga Anda dapat memutuskan apakah itu pilihan terbaik untuk situs WordPress Anda. Mari kita mulai!

Apa Itu Google Cloud Hosting ?

Sebagai raksasa Mesin pencari paling terkenal di dunia yang menghubungkan orang-orang dengan memungkinkan mereka menemukan dan berbagi informasi. Namun, Google menawarkan lebih banyak layanan selain fungsi pencariannya.

Google Cloud Hosting menggunakan infrastruktur berbasis cloud yang sama yang mendukung produk perusahaan yang paling populer, termasuk Google Drive, Gmail, dan banyak lagi. Layanan hostingnya menyimpan data situs web Anda di server jarak jauh, yang membuat kontennya tersedia dengan cepat bagi pengunjung Anda:

Pada platform ini, hosting dibangun ke dalam konsol Google Cloud yang lebih besar. Di sini Anda dapat mengelola berbagai “proyek”, termasuk mengembangkan aplikasi, menyimpan data, dan menyebarkan situs WordPress Anda di server cloud.

Perlu diingat bahwa beberapa penyedia hosting pihak ketiga juga akan menyediakan akses ke Google Cloud. Misalnya, Cloudways memungkinkan Anda untuk meng-host situs Anda di server Google Cloud, dan kemudian Anda membayar dan mengelola server melalui dasbor Cloudways.

Apa yang Membuat Google Cloud Hosting Berbeda?

Di bagian ulasan Google Cloud Hosting ini, kami akan melihat secara mendalam fitur yang dapat Anda harapkan dari platform ini. Mari kita mulai dengan waktu aktif.

Pemantauan Uptime dan Uptime Luar Biasa

Uptime adalah jumlah waktu situs web Anda online dan tersedia untuk pengguna. Di dunia yang ideal, server host web akan memiliki waktu aktif 100 persen. Namun, dalam praktiknya, mungkin ada kalanya situs Anda offline.

Google Cloud Hosting menawarkan jaminan waktu aktif dalam Perjanjian Tingkat Layanan Compute Engine (SLA). Anda akan memenuhi syarat untuk kredit keuangan jika waktu aktif bulanan Anda kurang dari 99,99 persen (hampir skor sempurna!).

Selain itu, Anda dapat memantau waktu aktif situs Anda dari Google Cloud Console. Dengan menavigasi ke Pemantauan > Pemeriksaan waktu aktif, Anda dapat mengatur pemantauan dan laporan otomatis untuk situs web Anda:

Uptime dapat secara signifikan memengaruhi peringkat Search Engine Optimization (SEO) Anda (karena situs yang offline berarti kehilangan pengunjung). Oleh karena itu, memantau metrik ini dengan Google Cloud dapat menjadi bagian penting dari strategi SEO Anda.
Sumber Daya dan Mesin Virtual yang Dapat Disesuaikan

Salah satu kekuatan Google Cloud Hosting adalah sifatnya yang dapat disesuaikan. Dengan sebagian besar layanan hosting tradisional, Anda harus memilih dari paket yang menentukan jumlah penyimpanan, bandwidth, dan sumber daya lainnya yang ditetapkan.

Sebaliknya, Google Cloud memungkinkan Anda untuk menyesuaikan beberapa aspek dari paket hosting Anda, termasuk lokasi servernya (1), Mesin Virtual — atau VM — seri (2), dan jenis mesin (3):

Mengonfigurasi penerapan WordPress di Google Cloud.

Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan alokasi memori, bandwidth, dan jumlah CPU Anda. Dengan demikian, pengaturan ini memungkinkan Anda membayar hanya sumber daya yang Anda butuhkan, dan menyesuaikannya seiring pertumbuhan situs Anda.

Namun, perlu diingat bahwa model ini dapat membingungkan jika Anda seorang pemula. Anda akan mendapat manfaat paling besar dari layanan Google Cloud jika Anda memiliki pengetahuan server teknis tingkat menengah.

Jaringan Global yang Luas

Google Cloud memiliki salah satu jaringan global terluas yang dapat Anda temukan, dengan koneksi di 27 wilayah, 82 zona, dan lebih dari 200 negara.

Kecepatan memuat halaman memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna dan SEO Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki audiens global, memilih penyedia hosting yang dapat menyajikan konten dengan cepat dari berbagai lokasi adalah kepentingan terbaik Anda.

Pengoptimalan Kinerja yang Ditingkatkan

Anda dapat mengoptimalkan kinerja situs Anda melalui Google Cloud dengan memilih VM dan sumber daya yang dibutuhkan situs web Anda. Selain itu, platform ini menyediakan optimalisasi kinerja yang ditingkatkan melalui Tingkat Layanan Jaringannya.

Ini memungkinkan Anda memilih paket Premium atau Standar. Opsi sebelumnya menggunakan perutean “kentang dingin” untuk perutean yang lebih baik, penyeimbangan beban cloud, dan kinerja tingkat lanjut:

Secara keseluruhan, Google Cloud memiliki infrastruktur canggih yang diperlukan untuk menjalankan situs Anda dengan kapasitas penuh. Tentu saja, masing-masing layanan premium ini akan meningkatkan biaya Anda secara keseluruhan.

Dukungan Teknis Premium

Dukungan pelanggan merupakan aspek penting untuk dipertimbangkan ketika memilih penyedia hosting. Anda mungkin akan mengalami masalah dengan situs Anda di beberapa titik. Oleh karena itu, Anda akan mendapat manfaat dari akses ke tim layanan pelanggan yang berpengetahuan dan membantu.

Google Cloud menyediakan pusat dukungan pelanggan tempat Anda dapat mengakses forum komunitas online, membaca dokumentasi mendetail, dan mengirimkan tiket dukungan.

Tindakan Keamanan Tingkat Lanjut

Keamanan WordPress adalah prioritas utama bagi banyak pemilik situs web. Anda harus mengambil tindakan aktif untuk mencegah peretas dan malware menyusup ke situs Anda, mencuri informasi Anda, dan membahayakan pengunjung Anda. Oleh karena itu, Anda juga ingin bermitra dengan penyedia hosting yang memperhatikan keamanan dengan serius.

Untungnya, Google Cloud menawarkan langkah-langkah keamanan bawaan yang sangat baik. Ini menggunakan metode enkripsi canggih, verifikasi berkelanjutan, dan sertifikasi ahli untuk mengamankan jaringan dan situs Anda.

Google Cloud memiliki tim pakar manajemen kerentanan khusus untuk terus memindai ancaman dan menambal risiko keamanan. Ini juga memiliki firewall tingkat perusahaan untuk menyaring lalu lintas masuk dan mencegah peretas.

Harga Google Cloud Hosting

Sebagian besar perusahaan hosting WordPress membebankan biaya langganan bulanan atau tahunan tetap. Sebaliknya, Google Cloud akan menagih Anda untuk sumber daya yang Anda konsumsi. Layanan ini akan mencakup penyimpanan data Anda, Mesin Virtual (VM), dan akses ke lokasi server yang berbeda.

Sebaiknya gunakan kalkulator harga Google Cloud. Ini dapat memberi Anda perkiraan biaya berdasarkan mesin dan kebutuhan sumber daya Anda.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan langganan Anda dengan membeli layanan Google Cloud Networking tambahan. Pengaya ini dapat meningkatkan kinerja dan keamanan situs Anda, sehingga Anda dapat memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin kepada pengunjung Anda.

Perhatikan bahwa Google Cloud akan memberi Anda kredit gratis senilai $300 setelah Anda mendaftar ke layanan hostingnya. Anda hanya perlu mengonfirmasi detail kartu debit atau kredit Anda untuk mengakses bonus ini, dan menggunakan kredit dalam 90 hari pertama.

Google Cloud Hosting adalah opsi yang sangat dapat disesuaikan dan berbasis kinerja untuk situs web WordPress. Anda akan memiliki kontrol atas sumber daya dan Mesin Virtual (VM) mana yang dapat digunakan situs Anda, ditambah akses ke jaringan Google Cloud yang luas dengan langkah-langkah keamanan lanjutannya.

Secara keseluruhan, Google Cloud hosting  bukanlah opsi yang paling mudah untuk pemula. Anda akan menginginkan pengetahuan teknis tingkat menengah kecuali jika Anda siap untuk berinvestasi dalam dukungan premium. Namun, jika prioritas utama Anda adalah kinerja, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi hosting ini. Ingat, Anda dapat melakukannya melalui platform Google Cloud itu sendiri atau melalui Cloudways dan mengintegrasikan Divi dan keanggotaan Tema Elegan Anda ke dalam paket Anda sejak awal.