Apa yang perlu Anda ketahui tentang Samsung Galaxy A03s

Samsung meluncurkan Galaxy A03s pada awal tahun 2022 sebagai penerus Samsung Galaxy A02s. Ini adalah tipe paling terjangkau dari seri Galaxy A terbaru. Samsung Galaxy A03s menawarkan tampilan yang hampir identik dengan pendahulunya, hingga ke bezel atas dan bawah. Kedua ponsel bahkan menggunakan dimensi yang sama.

Samsung Galaxy A03s yang tersedia di Indonesia hadir dengan 2 versi yaitu dengan RAM 3 GB dan 4 GB dan sama-sama memiliki 32 GB untuk penyimpanan nya. Untuk varian warna nya tersedia 3 warna yaitu Biru, Hitam dan Putih.

Samsung Galaxy A03 kami tiba dengan menjalankan Android 11 di luar kotak dan Samsung One UI di atas. Itu membawa patch keamanan 1 Desember 2021 selama pengujian saya. Pembeli dapat mengharapkan dua tahun lagi pembaruan versi perangkat lunak dan empat tahun patch keamanan (dengan pembaruan triwulanan), sejalan dengan perangkat Galaxy A sebelumnya. Itu mungkin termasuk Android 12 sebagai pembaruan besar pertama dan meninggalkan Android 14 sebagai pembaruan sistem terakhir sebelum Galaxy A03s berangkat ke matahari terbenam.

Ponsel ini mengemas prosesor MediaTek Helio P35 di bawah kap, dan Anda dapat memasangkannya dengan RAM hingga 4GB dan penyimpanan 64GB. Meskipun kapasitas penyimpanan mungkin tidak terlalu besar, Anda memiliki opsi untuk memperluas penyimpanan melalui slot kartu microSD. Galaxy A03s menawarkan baterai 5.000mAh dan pengisian daya 15W — keduanya cocok dengan Galaxy A02s. Semuanya disatukan oleh layar HD+ 6,5 inci, lengkap dengan takik Infinity-V kecil.

Bahkan di level pemula, kemasan Samsung sepertinya sedang diet. Anda akan menemukan alat pelepas SIM, kabel USB-C, dan dokumen penting di dalam kotak, tetapi pengisi daya yang disertakan sudah ketinggalan zaman.

Galaxy A02s tahun lalu menawarkan fitur ponsel minimal, dan senang melihat Samsung mengambil langkah kecil ke depan. Sebagai permulaan, Galaxy A03s menambahkan pembaca sidik jari yang dipasang di samping ke dalam campuran. Saya menemukan bahwa kinerjanya cukup baik, dan saya tidak punya masalah dengan membuka kunci ponsel dengan cepat. Jika Anda lebih suka melewatkan pembaca sidik jari, Anda selalu dapat mengandalkan pengenalan wajah berbasis perangkat lunak, PIN, atau menggambar pola juga.

Untungnya, peningkatan desain Samsung tidak mengorbankan jack headphone. Anda dapat menyimpan headphone berkabel selama satu tahun lagi dengan port 3,5 mm yang dipasang di bagian bawah. Itu duduk di seberang speaker mono down-firing, yang menawarkan output substansial. Saya memang melihat beberapa distorsi jika saya memutarnya ke volume penuh, tetapi Anda akan senang dengan hasil di bawah titik itu.

Sedikit desain ulang Samsung meluas ke panel belakang juga. Sekarang fitur punggungan vertikal yang sedikit menekuk di sekitar susunan kamera. Secara keseluruhan, saya suka perubahan bagian belakang, dan punggungan terasa cukup mudah untuk dipegang. Lapisan biru yang saya terima terlihat cukup bagus dalam cahaya dan tentu saja mengalahkan lapisan hitam yang lebih umum.

Salah satu keunggulan utama Samsung Galaxy A03s adalah harga yang sangat terjangkau. Ya, ini naik sekitar $30 dari tahun lalu, tetapi Anda mendapatkan lebih banyak RAM dan penyimpanan dasar dengan salah satu kebijakan pembaruan terbaik. Dukungan yang mendekati dua versi Android lengkap dan patch keamanan empat tahun sulit didapat dengan harga di bawah $200.

Anda seharusnya tidak memiliki masalah dengan masa pakai baterai di Galaxy A03s – sel 5.000mAh sulit untuk dikuras dan Anda harus dengan mudah melewati dua hari penggunaan moderat. Ini tidak akan bertahan lama jika Anda seorang gamer seluler tugas berat, tetapi mungkin bukan itu alasan Anda tetap membeli Galaxy A03. Ini sangat cocok untuk streaming, dan layar, meskipun agak redup, cukup baik untuk menonton film dan acara berkat ukurannya yang besar dan kontras yang tinggi.