Cara Backup ponsel Android Anda ke cloud Google

 

Ponsel memang luar biasa, tetapi isinyalah yang membuatnya sangat penting bagi pekerjaan, hobi, dan kehidupan pribadi kita. Semua data berharga itu jauh lebih berharga daripada perangkat keras apa pun, itulah sebabnya mencadangkan data Anda dapat melindungi Anda dari kehilangan ponsel cerdas, gadget rusak, pencopet, dan bahkan penghapusan yang tidak disengaja. Mencadangkan ponsel Android Anda ke cloud adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan konten Anda.

Cadangan cloud adalah salinan digital dari barang-barang Anda yang disimpan di internet. File Anda akan disimpan di server dan akan tersedia dari perangkat apa pun yang memiliki akses ke internet. Apa manfaat mencadangkan ponsel Android Anda ke cloud? Meskipun pencadangan lokal berguna, menyimpan cadangan cloud juga merupakan ide yang baik. Sebagai permulaan, ini membuat beralih ke gadget baru secara signifikan lebih mudah. Semua informasi Anda persis di tempat Anda meninggalkannya. Apakah Anda salah menaruh ponsel Anda? Masuk dengan kredensial Anda yang ada dan lanjutkan seperti biasa di perangkat baru Anda.

Mencadangkan ke Akun Google Anda

Masuk ke akun Google Anda adalah salah satu langkah awal dalam menyiapkan ponsel Android Anda. Secara default, jika Anda telah masuk ke akun Anda, OS akan mencadangkan pengaturan ponsel Android Anda dan mengaktifkan sinkronisasi untuk kontak, bookmark, kata sandi, dan lainnya. Jika Anda menggunakan Chrome sebagai browser utama di komputer, semua bookmark dan sandi Anda juga akan diperbarui di ponsel – tidak ada lagi yang perlu Anda lakukan.

Periksa apakah akun Google Anda disinkronkan (untuk berjaga-jaga):

  •     Buka aplikasi Pengaturan.
  •     Masuk ke Kata Sandi & akun.
  •     Ketuk akun Google Anda.
  •     Pilih Sinkronisasi akun.
  •     Periksa apakah semua bagian penting diaktifkan.

Foto-fotonya menyusul. Kamera telah menjadi pembeda paling penting saat membeli ponsel baru, dan mencadangkan foto juga sama pentingnya. Foto Google ternyata menjadi solusi pencadangan foto terbaik yang tersedia. Ada dua kemungkinan di sini. Anda memiliki pilihan untuk mencadangkan semua gambar Anda dalam kualitas yang sangat baik dengan hanya sedikit kompresi yang dilakukan, atau mengunggah semuanya dalam ukuran penuh.

Kualitas kompresi Google luar biasa, dan sebagian besar pengguna tidak akan mendeteksi perbedaan antara versi terkompresi dan tidak terkompresi. Sebenarnya, unggahan berkualitas tinggi seharusnya memadai jika Anda jarang meledakkan foto Anda di layar besar. Namun, ada satu hal yang perlu diingat: Mulai 1 Juni 2021, penawaran unggahan berkualitas tinggi gratis tanpa batas dari Google Foto berakhir. Semua barang baru setelah itu diperhitungkan terhadap batas penyimpanan Google Drive Anda. Pencadangan Google Foto tidak lagi benar-benar gratis kecuali Anda puas dengan penyimpanan standar Google.

Google menawarkan berbagai opsi penyimpanan, mulai dari 100GB hingga banyak terabyte. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat cadangan semua foto dan video Anda dalam format aslinya. Ruang penyimpanan ini, yang digunakan bersama dengan Google Drive, juga dapat digunakan untuk menyimpan file lain. Ini berarti Anda benar-benar dapat mencadangkan ponsel Android Anda ke sana. Bahkan mungkin untuk melakukannya dengan cara alami!

Cara mencadangkan ponsel Android Anda secara otomatis ke Google Drive:

  •     Buka aplikasi Pengaturan Anda.
  •     Pilih Sistem.
  •     Tekan Cadangan.
  •     Aktifkan Cadangkan ke Google Drive.
  •     Pilih akun mana yang ingin Anda backup ponsel Android Anda.
  •     Pilih Cadangkan sekarang.

Opsi lain backup ?

Ada beberapa solusi jika Anda tidak ingin mencadangkan ponsel Android Anda ke server Google. Meskipun Google Foto adalah salah satu layanan pencadangan foto paling mudah yang tersedia, itu tidak memberikan kontrol terperinci tentang bagaimana gambar Anda diatur.

Jika Anda memiliki Amazon Prime, Anda dapat menggunakan aplikasi Amazon Photos untuk mendapatkan cadangan foto tanpa batas dalam kualitas asli. Jika Anda sudah berlangganan layanan ini, ini adalah harga yang luar biasa. Jika tidak, 100GB penyimpanan Amazon Drive berharga $ 19,99 per tahun atau $ 1,99 per bulan, yang tidak buruk untuk ketenangan pikiran yang datang dengan mengetahui foto Anda aman.

Selain itu, OneDrive adalah cara yang bagus untuk mencadangkan gambar ponsel Android Anda. Microsoft menyertakan penyimpanan cloud 1TB dengan langganan Office 365. Itu banyak ruang untuk foto. Perangkat lunak OneDrive dapat mencadangkan semua foto dan video Anda ke awan secara otomatis. Anda kemudian dapat melihat atau mengunduh foto-foto itu dengan masuk ke situs web atau menggunakan aplikasi OneDrive untuk komputer Anda. Jika Anda tidak memiliki Office 365, OneDrive menyediakan penyimpanan gratis hingga 5 GB, dengan 100 GB seharga $1,99 per bulan. Itu tidak buruk.

 Opsi penyimpanan foto yang lebih tradisional, seperti Smugmug dan Flickr, juga patut dipertimbangkan. Kedua layanan ini ditujukan untuk fotografer. Hasilnya, sediakan fitur ekstensif seperti situs web terpisah untuk menampilkan gambar Anda, statistik tampilan, dan bahkan kemungkinan pencetakan. Aplikasi kedua layanan memungkinkan Anda untuk mencadangkan gambar secara otomatis ke album yang telah dipilih sebelumnya, membuatnya mudah untuk menemukan rumah berbasis cloud untuk semua foto Anda. Paket penyimpanan tak terbatas Smugmug mulai dari $9 per bulan, sedangkan paket Flickr Pro mulai dari $6 per bulan. Karena kedua layanan menawarkan uji coba gratis, Anda dapat mencoba keduanya untuk menentukan mana yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda bergabung untuk jangka waktu yang lebih lama, Anda akan mendapatkan diskon yang lebih besar.

Mencadangkan pesan ke cloud

Meskipun teks SMS ponsel Android Anda secara otomatis dicadangkan oleh perangkat Anda, beberapa aplikasi mengklaim melakukannya dengan lebih baik.

Penyelenggara SMS dapat menelusuri teks Anda dan menyimpan spam dan pesan promosi di folder terpisah. Cukup canggih untuk memisahkan kuitansi bank dan laporan kartu kredit ke dalam tab yang berbeda sehingga Anda dapat mencarinya dengan cepat saat Anda membutuhkannya. Terakhir, ini menyimpan semua komunikasi Anda ke Google Drive dan memungkinkan Anda untuk menyinkronkannya kembali dengan mudah kapan pun Anda mau. Saya telah menggunakan perangkat lunak selama bertahun-tahun dan dapat membuktikan keefektifannya. Ini hanya bekerja.

SMS Backup+ adalah alternatif lain. Alat gratis ini menyimpan percakapan SMS Anda di Gmail dan mengaturnya di bawah judul “SMS”. SMS Backup Plus juga mencadangkan MMS dan informasi log panggilan, antara lain. Pengaturannya sedikit memakan waktu, tetapi itu sepadan. Saya menikmati bagaimana Anda dapat melihat komunikasi yang diarsipkan segera dari kotak masuk email Anda. SMS Backup Plus tersedia untuk diunduh dari Google Play Store.

Tidak ada alasan untuk tidak mencadangkan ponsel Anda ke cloud, terutama dengan berbagai alternatif yang tersedia. Bahkan jika Anda lebih suka pencadangan lokal, menyimpan cadangan sekunder bukanlah ide yang buruk. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkan dan memastikan bahwa data Anda aman jika ponsel Anda hilang.

Cara mencadangkan musik ke cloud

Google juga menawarkan opsi luar biasa untuk mencadangkan musik Anda ke cloud. Tentu saja, Anda dapat menyimpan file musik Anda ke Google Drive. Anda juga dapat mengunggah ke akun YouTube Music dan mendengarkan hingga 100.000 lagu melalui aplikasi resmi. Untuk melakukannya, buka music.youtube.com, pilih Posting musik dari ikon gambar profil Anda, dan pilih file musik yang ingin Anda unggah. Dengan menuju ke Library > Songs > Uploads, sekarang Anda dapat mendengarkan musik Anda.

Hard drive yang terhubung ke internet

Kami telah menunjukkan kepada Anda cara mencadangkan ponsel Android Anda ke cloud, tetapi kenyataannya adalah memiliki data Anda dan menyimpannya di perangkat keras Anda sendiri memiliki keunggulan tersendiri. Hard disk dengan kemampuan NAS (Network Attached Storage) menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia. Mereka terhubung ke internet dan dapat digunakan untuk menyimpan dan mencadangkan ponsel Android Anda (atau perangkat lain apa pun) secara lokal. Selama Anda memiliki koneksi internet, Anda dapat mengakses file yang disimpan secara lokal dari mana saja.

Ada beberapa kemungkinan, tetapi kami yakin hard disk My Cloud Home Western Digital adalah yang paling mudah digunakan. Ini memiliki biaya yang sangat murah, tampilan yang indah, dan cukup mudah dioperasikan berkat perangkat lunak yang membantu. Tentu saja ada kemungkinan lain. Drive internal disertakan dalam hal ini, jika Anda memilih untuk tidak menggunakan drive eksternal.